quote-Steve-Jobs-design-is-a-funny-word-some-people-101121_1

Jangan Pernah Coba Berpikir Gila

Jangan Pernah Coba Berpikir Gila

Jangan Pernah Coba Berpikir Gila. setelah saya berhasil membuat 7 unit usaha dan semuanya hingga saat ini berjalan. kini, dengan workshop yang akan saya selenggarakan banyak orang yang berkomentar: “bukan kah itu bukan harga yang sedikit?” kalau saya boleh balik bertanya, bagaimana kalau dibandingkan dengan jika anda mencoba cara baru dan gagal? apakah itu berbanding dengan nilai yang akan anda investasikan?. tidak ada kata mahal untuk belajar. kalau anda takut untuk kehilangan uang, saya sarankan untuk anda mengurungkan diri menjadi seorang pebisnis. karena itu saya ibaratkan seperti orang yang ingin dan mendambakan masuk surga, tapi mereka sama sekali benar-benar tidak mau mati.

Jangan Pernah Coba Berpikir Gila. Menjadi seperti apa yang penulis rasakan dan capai hingga saat ini, penulis banyak melakukan hal-hal gila yang semua orang pasti akan menertawakan bahkan mencemeeh atau memandang saya rendahan. wajar, karena saya melakukan hal-hal gila. bahkan hampir sebelas dua belas deh sama orang gila. tapi dari situlah saya banyak belajar. belajar untuk tidak kesan dengan keadaan. belajar untuk melakukan hal-hal yang bertentangan. bukankah nakal itu diperbolehkan selama tidak melanggar syariat? tapi yang jelas, justru dari kegilaan kegilaan yang saya lakukan itulah saya belajar untuk melihat dari sisiyang berbeda. dari sisi yang tidak kebanyakan orang bisa lihat. dan dari kegilaan itulah saya belajar untuk bagaimana melihat peluang.

Jangan Pernah Coba Berpikir Gila. sepakat tidak sepakat, tapi anda tidak bisa memungkiri. hampir semua orang hebat yang pernah menorehkan sejarah dalam perkembangan dan kehidupan manusia itu mereka adalah orang-orang “AbNormal”. yup, orang gila. mereka gila. mereka berani berpikir gila. sehingga ga heran kalau ide-ide mereka pun gila. walhasil, tidak sedikit dari kita yang nyaman menggunakan teknologi hasil pemikiran orang-orang gila.

okey, kita mulai dari ide gila wright bersaudara yang pada zamannya tenaga penggerak yang paling hebat di zamannya masih mengandalkan kuda. apa yang mereka pikirkan? mereka pengen bisa terbang.

Thomas Alpha Edison, emang kalian pikir lampu pijar itu terang banget apa pada zaman itu? orang boleh bangga sekarang dengan mengatakan bahwa dia harus melalui seribu satu kegagalan untuk keberhasilannya menemukan sebuah lampu pijar. tapi saya katakan dengan jelas disini, sebelum mereka yang hidup di zaman yang serba terang dengan teknologi penerangan seperti apa yang kita rasakan. bangga dengan keberhasilan Thomas Alpha Edison, sebenarnya banyak orang yang mencemooh bahkan mengatakan kepadanya untuk segera melakukan riset atau penelitian yang sia-sia. toh lampu pijar yang diteliti olehnya tidak lebih terang dari sebuah bara api yang menyala pada saat itu.

Jangan Pernah Coba Berpikir Gila. apa lagi contoh gila lainnya? SteveJob. dengan sorry yang amat keras saya katakan ditulisan ini. dia bukan orang hebat. kuliah seenaknya. masuk kelas perkuliahan seenaknya. sesuai selera dia.mimpi pengen punya perusahaan raksasa yang sangat besar. punya perusahaan yang bersaing bahkan mengalahkan IBM yang pada saat itu adalah penguasa piranti keras. empat tahun kemudian setelah keberhasilan pertamanya menjual apple I, namanya makin melejit. Oops, tunggu dulu. saya tidak membahas bagaimana dia bisa melejit. tapi saya akan membahas bagaimana orang-orang meremehkannya ketika dia ingin membuat alat komputer yang bisa masuk ke rumah-rumah. padahal di zaman itu, komputer itu segede gaban gaes. gede banget. cuma perusahaan besar lah yang bisa memiliki komputer. si Woz, si pembuat komputernya pun pesimis terhadapnya. terhadap ide gila si SteveJob. walhasil, empat tahun kemudian. SteveJob memuat tiga halaman surat kabar secara full yang bertuliskan “selamat atas produk komputer pertama anda” yang ditujukan kepada IBM.

Comments